TEORI DALAM KOM. MASSA




TEORI KOMUNIKASI DALAM MEDIA MASSA

Terdapat lima teori yang sangat berkaitan dengan media massa, teori-teori ini mengungkapkan bagaimana seseorang dapat terpengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung memalaui media massa.

1. Teori Imperialisme Budaya
  
Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Herb Schiller pada tahun 1973. Teori Imperialisme Budaya menyatakan bahwa negara barat mendominasi media di seluruh dunia. Dalam perspektif teori ini, terdapat dua faktor pendukung dalam proses peniruan terhadap budaya barat ini yakni ; pertama, karena mereka mempunyai uang dengan kata lain media massa barat sudah dikembangkan menjadi industri yang mementingkan laba. Kedua, mereka mempunyai teknologi yang modern sehingga memungkinkan sajian media massa diproduksi secara lebih baik. Contohnya dalam pembuatan film, didalam film tersebut tentu saja terdapat sajian-sajian berupa gaya hidup, kepercayaan dan pemikiran tentang budaya barat yang dapat ditiru oleh orang-orang banyak.
Salah satu yang mendasari munculnya teori ini adalah bahwa pada dasarnya manusia tidak mempunyai kebebasan untuk menentukan bagaimana mereka berpikir, apa yang dirasakan dan bagaimana mereka hidup. Akibatnya, individu-individu tersebut lebih senang meniru apa yang disajikan media massa. Itu artinya teori tersebut menganggap bahwa budaya yang berbeda (yang lebih maju) akan selalu membawa pengaruh peniruan terhadap orang-orang yang berbeda budaya.

2. Teori Agenda Setting

https://journalism.utexas.edu/faculty/max-mccombs

Teori ini diperkenalkan oleh McCombs Maxwell dan Donald L.Shaw pada tahun 1973. Teori ini mengatakan  media (khususnya media berita) tidak selalu berhasil memberitahukan apa yang kita pikir, tetapi media tersebut benar-benar berhasil memberitahu kita berpikir tentang apa. Dalam teori ini ditekankan bahwa media mengarahkan khalayak untuk memusatkan perhatian pada subjek tertentu yang diberitakan media, artinya media massa menentukan agenda khalayak . contohnya pada kasus Ahok, dimana publik akan menilai pentig apa yang diberitakan dan dianggap penting pula oleh media.

3. Teori Penggunaan dan Kepuasan

https://merrill.umd.edu/about-merrill/staff-faculty/jay-blumler/

Tokoh yang pertama kali mencetus teori ini adalah Elihu Katz, G.Blumler, dan Michael Gurevitch pada tahun 1974. Secara garis besar teori ini menjelaskan tentang audiens memiliki peran sebagai konsumen dari media massa yang merupakan pihak aktif. Berarti audiens selalu berusaha untuk mencari alternative dan menganalisis mengenai media yang akan mereka gunakan, dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan dirinya sendiri (gratifikasi). Inti dari teori ini adalah menjelaskan tentang bagaimana cara kita memilih media untuk pemuasan kebutuhan diri sebagai tujuan utama kita yaitu konsumen.

Terdapat lima asumsi dalam teori ini yaitu;
1. Audiens bersifat aktif dan penggunaan media memiliki orientasi tujuan
2. Inisiatif dalam menghubungkan kebutuhan gratifikasi kepada pilihan medium yang spesifik bergantung pada anggota audiens.
3. Media berkompetisi dengan sumber lainnya untuk keperluan pemuasan
4. Orang-orang memiliki kesadaran diri yang cukup terhadap penggunaan media, minat, dan motif untuk mampu menyediakan bagi peneliti dengan gambaran akurat mengenai kegunaanya.
5. Pemberian penilaian mengenai konten media hanya dapat dilakukan oleh audiens

4.  Teori Jarum Suntik (Hypodermic Needle Theory)
http://harold-d-lasswell.wikia.com/wiki/Harold_D._Lasswell
Teori ini dikemukakan oleh Harold Lasswel pada tahun 1920, teori ini juga dikenal dengan sebutan teori peluru. Pesan-pesan media massa berperan sebagai peluru atau jarum yang menembak secara langsung ke dalam pikiran setiap individu dan memiliki konsekuensi mengubah perilaku khalayak massa. Teori ini berpendapat bahwa media massa bisa menundukkan para audience-nya sehingga audience-nya bisa menuruti apa yang dikehendaki oleh media.
Contohnya ketika seseorang tengah berpidato, orang yang sedang berpidato tersebut tentu akan mempengaruhi audiensnya untuk mau mengikuti apa yang di inginkan atau dikatakan oleh orator.

5. Teori Kultivasi
George Gerbner.jpg 

Teori ini dipelopori oleh George Gerbner dan kolegennya dari universitas Pennsylvania , teori ini menyatakan bahwa akan ada efek jangka panjang bagi penonton televisi (baik tua maupun muda) dalam bersikap atau beropini terhadap apa yang mereka tonton.  Terdapat tiga asumsi dalam teori ini yaitu; televisi secara esensi dan fundamental berbeda dengan bentuk-bentuk media massa lainnya. Televisi membentuk cara berpikir dan membat kaitan dari masyarakat kita. Dan yang terakhir pengaruh dari televisi terbatas. Hubungan teori analisis kultivasi dengan komunikasi massa yaitu berkaitan dengan televisi sebagai salah satu media massa. Dimana teori ini berfokus pada televisi sebagai media massa sekaligus media komunikasi dan sosialisasi antara komunikator dan penonton televisi.
Contohnya, seseorang yang sangat senang menonton film horror, bahkan hampir setiap hari diwaktu luangnya ia menonton film horror. Karena sudah seringnya ia menonton film horror, sehingga ketika adegan dalam film tersebut yang menunjukkan hal-hal seram seperti lampu yang tiba-tiba mati sendiri, maka ia pasti akan mengaitkannya dengan film horror yang ia tonton dimana itu artinya ada mahluk halus yang berada disitu.  Apabila kita menonton televisi dalam intensitas yang tinggi, lama kelamaan kita akan bertindak dan berpersepsi sesuai apa yang sudah tertanam di pikiran kita dari tayangan televisi tersebut.

Sumber:
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grasindo Persada
Wahyuni, Isti Nursih. 2013. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Komentar

  1. Wah sangat membantu, terimakasih!

    BalasHapus
  2. Membantu banget👍🏻 terima kasih

    BalasHapus
  3. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-27-oktober-2019/

    https://www.klik4d.site/kumpulan-makna-mimpi-cumi-cumi-dalam-togel/

    https://www.klik4d.site/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-26-oktober-2019/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer