Internet? Jaringan yang Mendunia?!



Internet? Jaringan yang Mendunia?!



Sejarah internet di dunia

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Setahun kemudian, diterbitkannya sebuah proposal yang bertujuan menggabungkan beberapa jaringan yang sejenis dengan Arpanet menjadi satu jaringan yang disebut “inter-network”, dimana jaringan ini tidak memiliki kontrol yang terpusat dan akan beroperasi berdasarkan suatu protokol kontrol tersendiri. (Dominick, 2005)


https://www.cigionline.org/publications/one-internet

Sejarah internet di Indonesia
(Margianto, 2017) Koneksi internet pertama di Indonesia dilakukan di bidang akademis
yang awalnya adalah proyek penelitian dari para peneliti di Universitas Indonesia. Joseph Luhukay tercatat sebagai orang yang melakukan koneksi pertama internet di Indonesia pada tahun 1983 yang mengembangkan jaringan UINet (University of Indonesia Network).
Sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan internet secara global dengan nama UUNet pada tahu 1984, seorang ahli bernama Onno Purbo adalah sosok yang berpengaruh dalam pengembangan internet di Indonesia, tahun 1993 ia dan kawannya mengembangkan jaringan komputer melalui frekuensi radio dengan motivasinya untuk memudahkan komunikasi dengan biaya yang murah, tidak seperti jaringan Telkom yang pada saat itu memonopoli pertelekomunikasian di Indonesia.
Selain itu, perkembangan internet yang awalnya hanya sebagai penelitian kemudian berubah menjadi komersil ketika PT Indo Internet (Indonet) berdiri sebagai Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia pada September 1944.

Struktur Internet

Selain WWW, email juga merupakan salah satu struktur internet. Email sendiri merupakan salah satu fasilitas internet yang penggunaanya cukup luas. Entah itu untuk berikirim pesan atau untuk aktivasi akun tertentu.
Ada beberapa jenis email yang saat ini digunakan diantaranya pop mail, web mail dan forward mail.

1.     Pop Mail Atau Post Office Protocol Mail adalah Email yang hanya dapat diterima dari Internet Service Provider yang digunakan. Jenis mail ini dapat dibaca secara offline tetapi tidak bisa diakses disembarang tempat dan hanya bisa diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi internet tersebut.
2.     Web Mail Atau Web Based Mail adalah Email yang hanya bisa diakses dengan membuka laman web penyedia layanan Email tertentu. Karena aksesnya hanya membutuhkan laman web maka web mail bisa diakses dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.
3.     Forward mail adalah suatu layanan dimana Email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain. Layanan ini cocok digunakan bagi mereka yang suka bergonta ganti Email atau tidak ingin memberitahukan Email yang baru.

Penyedia Layanan Online lah yang dapat membuat kita memasuki dunia internet. Penyedia Layanan Online sdisingkat sebagai OSP, OSP menyediakan jasa pelanggan seperti layanan berbayar berupa surat elektronik, akss pada situs web tertentu, akses untuk mengunduh file, ataupun berbagai konten lainnya.
OSP menjadi revolusioner dalam operasi bisnis karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan situs web untuk perusahaan mereka sendiri sehingga OSP meraup keuntungan yang bisa dikatakan banyak, dan terus meningkat.

Perkembangan Internet

Banyak hal yang terjadi pada perkembangan internet. Misalnya Broadband dimana user menggunakan dial-up modem untuk mengakses internet, namun hal tersebut kurang efektif karena modem tidak dapat dibawa kemana-mana dan kecepatannya lambat, sehingga berkembanglah menjadi the wireless web atau yang disebut wifi. Pada tahun 2003 ada 15 juta laptop dan 22 juta handphone yang mengakses internet menggunakan wireless webKarena kesediaan wifi diseluruh tempat, banyak orang yang lebih suka menonton video melalui streaming dari pada menonton acara di televisi. Lalu berkembanglah menjadi microcasting, yaitu fitur streaming video dari sebuah event yang mempermudah orang yang tidak bisa hadir untuk tetap dapat mengikuti acara tersebut. Misalnya guru yang tidak bisa hadir dikelas, dapat menggunakan fitur ini untuk tetap mengajar.

Pengaruh dalam perekonomian

(Dominick, 2005: 307) Internet melewati masa-masa sulit di masa periode baru, pada awal tahun 2001 perusahaan internet diperkirakan telah kehilangan $1.7 triliun. Pada tahun 2002 40% perusahan terbuka yang menggunakan internet mendapatkan keuntungan. Kemudian ada e-commerce. E-commerce adalah jual barang maupun jasa melalui internet. Pada tahun 2002 pendapatan perusahaan e-commerce diseluruh dunia mencapai hampir $110 milyar dengan 10 juta konsumen yang berbelanja setiap minggunya. Dan terakhir ada ekonomi situs, dimana perusahaan mencari uang dengan membuat konten menarik agar orang mau membayar untuk melihatnya. Misalnya CNN yang meminta orang untuk membayar saat melihat video streamingnya.
Dalam implikasi sosialnya, internet dapat menjadi masalah besar. Kurangnya penyortir informasi, overload informasi, dan masalah privasi dapat menjadi masalah. Terutama masalah privasi karena dapat disalahgunakan. Selain itu ada escaping and isolation dimana orang  menghabiskan waktu dengan mengirim e-mail, bermain, belanja online, chatting, dan lebih banyak lagi. Ada juga yang menunjukkan sisi depresi tetapi penelitian selanjutnya belum menemukan kaitannya.
Nah dimasa mendatang, internet pasti akan tetap digunakan bahkan mungkin akan lebih berkembang dibanding sekarang. Karena internet menjadi tempat untuk menyediakan informasi dan juga mempermudah pekerjaan manusia.

Sekian materi dari kami tentang internet, terimakasih sudah membaca. Selamat belajar paper&magz friend!!!


QUIZLET
1.  Apa itu ARPANET ?
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika 
2Pada tahun berapa ARPANET dibuat ? 1969
3. Apa itu WWW  ?
World Wide Web (WWW) merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses pengguna melalui web browser (Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Mozilla, dll)
4Siapakah nama tokoh yang melakukan koneksi internet pertama dengan mengembangkan jaringan UINet (University of Indonesia Network) di Indonesia pada tahun 1983 ? 
Joseph Luhukay
5Sebutkan beberapa jenis email ! Pop Mail atau Post Office Protocol Mail, Web Mail atau Web Based Mail, dan Forward Mail
6. Apa itu ISP ?
Internet Service Provider atau lebih dikenal dengan penyelenggara jasa internet adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan.
7. ISP pertama di Indonesia dikembangkan oleh …. Pada tahun?
PT Indo Internet (Indonet) pada September 1944
8. Apa itu Hyperlink ?
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang-bidang tersebut.
9. Apa itu HTML ?
HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman  standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).
10. Apa fungsi dari HTML ?
Membuat halaman web, Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet, Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).
11Koneksi internet pertama di Indonesia dilakukan di bidang?
Bidang akademis.
12. Siapa orang yang berpengaruh dalam pengembangan jaringan internet di Indonesia?
Onno Purbo merupakan orang yang berpengaruh dalam pengembangan jaringan intenet di Indonesia.
13Apa saja situs penyedia email yang banyak digunakan saat ini?
Beberapa situs email yang sering digunakan adalah Gmail, Yahoo, dan Hotmail.
14Dari mana saja konsumen bias mengakses broadband?
Dari satellite, kabel modern, dan digital subscriber live (DSL)
15. Apa itu e-commerce?
E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan menjual barang atau jasa melalui internet.
16. Menurut KBBI apa ejaan yang tepat untuk email ?
Surat Internet (Surel)
17. Web Mail atau web based mail adalah
Email yang hanya bias diakses dengan membuka laman web penyedia layanan email tertentu.
18. Forward email adalah…
Suatu layanan dimana email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain
19. Apa tanggapan para ahli mengenai internet 10 tahun kedepan ?
Menurut para ahli kemajuan teknologi akan memungkinkan orang akan terhubung terus menerus ke internet dimana saja dengan menggunakan perangkat informasi.
20. Apa yang dimaksud dengan cyber crime ?
      Suatu bentuk kejahatan virtual dengan memanfaatkan media computer yang terhubung ke intermet, dan mengekploitasi computer lain yang terhubung dengan internet juga.

Komentar

  1. ingin ketemu mbaknya stefanie agnesia gomez

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya, sangat membantu ..

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat min. Thanks ya infonya 😁😁

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat min, thanks infonya ��

    BalasHapus
  5. katanya aldy makasih infonya stef.

    BalasHapus
  6. Thanks infonya min.. bermanfaat banget..

    BalasHapus
  7. baru tau stlh baca artikel ini, thankyou min!!!

    BalasHapus
  8. Wowww incredible baru tauu setelah baca artikelnya. Cepat pulang ko chen yaa :)

    BalasHapus
  9. Tengkyu min infonya, bermanfaat sekali!

    BalasHapus
  10. Terimakasih telah berbagi pengetahuan👍

    BalasHapus
  11. Sangat Membantu, terima kasih infonya👍🏻

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer