Pakai Medsos, tapi apa sih sebenarnya Media Sosial?




Halllowww sobat paperandmagz…
Kali ini kita bakalan bahas mengenai Media Sosial atau biasa kita lebih kita kenal dengan medsos, baca sampe abis ya!
Dalam definisi menurut Wikipedia (dikutip di Dominick, 2015,h.94)  media sosial adalah sebuah media yang digunakan untuk interaksi sosial yang mudah diakses menggunakan teknik komunikasi terukur. Media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan seluler untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Menurut Dominick (2015, h.94)

Memangnya dengan media sosial, bisa apa sih?
  • Berpartisipasi – ikut serta mau milih baca apa, tahu tntang apa
  • Mengutarakan pendapat – memberi komentar
  • Berbagi – membuat postingan
  • Berkolaborasi – membuat konten dengan media lain, contohnya Wikipedia, kompasiana
  • Menghubungkan satu dengan yang lain – terbentuknya jaringan sosial, bisa kenal lewat facebook, twitter, instagram, dll

Perlu kalian ketahui, bahwa ciri utama medsos itu Share Information, so yeah. Melalui medsos kita emang saling berbagi Informasi.

Kehadiran media sosial di era modern ini tidak diragukan lagi. Hampir semua kalangan menggunakan media sosial. Contohnya seperti Facebook, tercatat bahwa Facebook memiliki kurang-lebih 600 juta pengguna dan lebih dari 150 juta pengunjung tiap bulannya.
Karena tidak memandang usia, kalangan hingga status, maka media sosial sendiri terus berkembang hingga terus-menerus. Usia pengguna media sosial dari tahun ke tahun juga semakin meningkat, dari usia 33 tahun pada tahun 2008 menjadi 38 tahun pada tahun 2010 dan kebanyakan pengguna media sosial adalah wanita.

Mudahnya mengakses media sosial melalui PC, tablet, dan smart phone menjadikan alasan mengapa media sosial terus berkemabng dan meningkat.
Rata-rata pengguna smart phone menghabiskan 20%  dari waktunya untuk mengakses situs jejaring sosial
Menurut Kaplan dan Haenlein (dikutip di Melati,2015, h.6) jenis-jenis media sosial terdiri dari:
  • Proyek kolaborasi (collaborative project) - Penggunanya dapat mengubah, menambah, hingga menghilangkan konten yang ada di website ini, contohnya : Wikipedia
  • Blog dan Microblog - Blog adalah aplikasi web yang dapat diisi dengan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan dalam halaman web umum, sedangkan micro blog adalah bentuk kecil dari blog, penggunanya memilii batasan 140 karakter untuk memposting sesutau, Contohnya: Twitter.
  • Konten (content communities - Memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi video, e-book, foto dll. Contohnya: Google drive, Youtube.
  • Situs jejaring sosial (social networking sites) -  Adalah sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia, dan mengundang atau menerima teman untuk bergabung. Contohnya: Facebook, Path, Myspace, Instagram.
  • Dunia virtual (virtual world) - Memungkinkan penggunanya muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan juga berinteraksi dengan pengguna lainnya dalam lingkungan yang di reaplikasikan secara 3D. Contohnya: game online.


Sejarah Media Sosial

https://marketingland.com/4-components-best-social-media-campaigns-140715

Medsos berkembang pada tahun 1978 yang dimulai dari penemuan sebuah sistem papan buletin atau yang biasa disebut sebagai Bulletin Board System (BBS). Sistem ini memungkinkan kita untuk bisaberhubungan dengan orang lain melalui surat elektronik, mengunduh maupun mengunggah software dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.

Sebenarnya, pada tahun 1995 sudah muncul sebuah situs jejaring sosial bernama Classmates.com namun kurang mendapat perhatian dan sambutan dari masyarakat, situs jejaring sosial yang dianggap lebih berhasil dari Classmates.com adalah Sixdegree.com yang muncul pada tahun 1997.

Beberapa Perkembangan Media Sosial yang kami ketahui adalah sebagai berikut, pada tahun..
  • 1999 – blogger –situs ini menjadi  tonggak perkembangan medsos
  • 2002 – jejaring sosial bernama Friendster. oleh Jonathan Abrams, nama Friendster berasal dari kata “Friend” dan “Napster”, saat itu Napster memiliki fungsi untuk membantu penggunanya untuk bertukar informasi melalui jaringan maya, sedangkan friendster berfungsi untuk memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi, membagi konten dan media, bahkan mencari informasi mengenai acara dan hobi mereka.
  • 2003 – Linkedin, Myspace  – Linkedin berbasis bisnis, untuk mencari pekerjaan.
  • 2004 – Facebook, diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Awalnya media sosial ini bernama “the Facebook” yang penggunanya terbatas di kalangan universitas Harvard saja, namun lama kelamaan thefacebook mulai memiliki banyak pengguna dari universitas lain dan setelah menjalin berbagai kerjasama dan mendapat suntikan dana dari  PayPal dan Pieter Thiel, thefacebook semakin berkembang dan berubah nama menjadi Facebook. Facebook menyediakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan chatting, video call, membuat status, bertukar video,musik dan gambar hingga menawarkan berbagai macam games yang membuat penggunanya terhibur.
  • 2006 – Twitter  diciptakan oleh Jack Dorsey, Biz Stone dan Evan Williams. Twitter adalah sebuah jejaring sosial dengan sistem micro-blogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengupdate status maksimal 140 karakter.
  • 2007 – wiser – situs ini ditujukan untuk menjadi direktori online untuk organisasi lingkungan di seluruh dunia
  • 2010 – Instagram – Instagram dirancang dan dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Michel Kriger. Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang berbasis fotografi, dengan menggunakan aplikasi ini para penggunanya bisa membagikan foto ataupun video, seiring berjalannya waktu Instagram mulai mengembangkan fiturnya seperti filter foto, hashtag dan fitur yang paling menarik dan disenangi penggunanya saat ini adalah instagram stories yang saat ini penggunanya mencapai 300 juta orang di seluruh dunia.
  • 2011 – Google+ & Snapchat – Google+ dioperasikan oleh Google Inc. Pada awalnya yang bisa mengakses Google+ hanya orang-orang yang mendapat undangan dari google, namun kemudia Google+ dibuka untuk umum. Selain itu Snapchat juga diluncurkan pada tahun yang sama, lebih tepatnya pada September 2011. Fungsi utama Snapchat adalah untuk menampilkan foto dan video sehingga penggunanya dapat melakukan chatting melalui foto dan video langsung, Snapchat juga memiliki fitur story yang dapat ditampilkan selama 24 jam.

Efek media sosial
  1. Mengubah cara berpikir tentang liburan –Menarik audiensi untuk lebih memilih media sosial dibanding media cetak, dimana para khalayak berpindah untuk mencari informasi melalui media sosial yang semula melalui media cetak.
  2. Menjadi komersial – bermunculannya banyak iklan
  3. Medsos menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengumpulan berita -- Postingan di Twitter dan Facebook sering menjadi sumber informasi utama ketika berita pecah, seperti yang ditunjukkan selama gempa bumi di Haiti dan Jepang. media mainstream sering mengandalkan Twitter dan Facebook selama tahap awal acara berita. Di Haiti, banyak gambar awal kehancuran berasal dari video yang selamat yang diposting ke YouTube yang kemudian ditampilkan di program berita TV.Selama gempa Jepang, seorang wanita di Inggris melaporkan bahwa dia sedang mengobrol di Facebook dengan sepupunya di Jepang ketika gempa sedang terjadi.

Memonetisasi media sosial, merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang melalui media sosial. Beriklan adalah salah satu contohnya. Facebook mendominasi bisnis iklan media sosial, mengumpulkan lebih dari $ 1,5 miliar pada tahun 2010

Medsos dapat memobilisasi orang untuk muncul di tempat tertentu pada waktu tertentu. Dimana dalam hal ini dapat dikatakan seperti Flash mobs atau sekelompok orang yang dikumpulkan menggunakan media sosial yang muncul tiba-tiba di tempat umum, melakukan beberapa aktivitas yang tampaknya tidak berarti untuk waktu yang singkat, dan kemudian membubarkan diri telah tersebar sejak hari-hari awal media sosial. pada tahun 2006, massa melakukan flash mob dan berkumpul di berbagai stasiun London Underground dan menari dengan musik disko. ratusan orang muncul di sebuah mal di Bristol di Britania Raya untuk berpartisipasi dalam acara pertempuran Star Wars.

Dampak Negatif dari adanya Media Sosial dapat berupa:
  • Mengangggu produktivitas di tempat kerja 
  • Media Digital mudah di publikasi, diarsipkan, dan di bagikan
  • Cyberbullying

Oiya btw, kami juga ada beberapa kata-kata singkat nih, bahwa sebenanrnya dengan tidak mengikuti trend bukan berarti kita keitnggalan jaman, loh!
So, jangan minder ya. Apalagi sekarang kan medsos sering banget tuh buat-buat trend yang terkadang kurang faedah. 
Nah, buat kamu yang gamau ikutan bukan berarti kamu kudete ya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer