Kelahiran Film dan Perkembangannya






Halo teman-teman, kali ini paperandmagz akan membahas mengenai film nih. Pasti kalian semua disini suka nonton film kan? Tapi ada beberapa hal nih yang harus kalian ketahui terlebih dahulu mengenai film. Yuk lihat penjelasannya dibawah ini J
https://www.henshaws.org.uk/courses/film-club/

Film adalah hasil budaya
dan alat ekspresi kesenian. sebagai komunikasi massa yang berupa gabungan dari berbagai tekhnologi seperti fotografi dan rekaman suara. Effendi (1986:239). Film berasal dari kata cinematographie. cinema (gerak), tho atau phytos (cahaya), dan graphie atau grhap (tulisan, gambar, citra). Jadi, pengertiannya adalah melukis gerak dengan cahaya yang menggunakan alat khusus biasanya berupa kamera.



1Film pertama kalinya dibuat oleh Lumiere Louis dan Lumiere Auguste pada 28 desember 1895 yang berjudul workers leaving the Lumiere’s factory dan dipertunjukkan di kota Paris, Prancis yang kemudian dijadikan sebagai hari lahirnya sinematografi. Sebelumnya pada tahun 1878 seorang tokoh asal Amerika Serikat bernama Edward James Muybridge membuat 16 gambar kuda yang disambungkan dalam 16 frame yang kemudian memunculkan ilusi seakan-akan kuda itu bergerak, dari penemuan tersebut seorang asisten Thomas Edison yaitu William Dickson mengembangkan konsep dasar  dari pembuatan film saat itu dengan sebutan kinestoscope pada tahun 1889. Kemunculan kinestoscope ini lah yang kemudian mempengaruhi perkembangan film sampai saat ini.

Lantas bagaimana dengan sejarah film di Indonesia ?



2film pertama kali yang di putar di Indonesia pada tanggal 5 desember 1900 berupa film dokumenter yang menggambarkan perjalanan ratu dan raja Belanda di Den Haag dan dipertunjukkan di Batavia (Jakarta). Baru setelah itu  ada film lokal pertama yang di produksi Indonesia pada tahun 1926 berjudul “Loetoeng Kasaroeng” .  di Indonesia sendiri terdapat hari film nasional yang selalu diperingati pada tanggal 30 maret karena tanggal tersebut adalah hari pertama pengambilan gambar film ”Darah & Doa”  (1950) yang disutradarai oleh H.Usmar Ismail. Alasan khusus mengapa film ini dijadikan sebagai hari film nasional, karena menjadi penanda bangkitnya industri perfilman Indonesia melalui film Darah & Doa yang mencerminkan ciri khas Indonesia dan pantas menjadi titik bangkitnya perfilman tanah air.

http://www.bahasfilm.id/2017/04/jenis-jenis-genre-film.html

3selanjutnya ada penjelasan mengenai beberapa genre dalam film yang sering kita temui ketika hendak menonton sebuah film…
·        Action
Action adalah film yang menghadirkan banyak aksi laga dan pertarungan. Seperti adegan baku tembak, perang, ledakan, perkelahian, kejar-kejaran, dll.
Contoh film action yang terkenal : - Mission: Impossible
·        Adventure
Adventure adalah Jenis film yang menitik beratkan pada sebuah alur petualangan yang sarat akan teka teki dan tantangan dalam berbagai adegan film.
Contoh : - Alexander (2004)
·        Animation
Animation adalah Jenis film kartun animasi dengan berbagai alur cerita. Banyak di minati oleh semua kalangan.
Contoh : - Toy Story
·        Biography
Biography adalah Jenis film yang mengulas sejarah, karir atau perjalanan hidup seorang tokoh, ras dan kebudayaan ataupun kelompok.
Contoh : - The Social Network ( 2010 )
·        Comedy
Comedy adalah Jenis film yang sebagian besar/keseluruhan filmnya terdapat unsur comedy atau lelucon.
Contoh : - 3 Idiots ( 2009 )
·      Crime
Crime adalah jenis film yang mencertiakan tentang kejahatan kriminal suatu orang ataupun suatu kelompok. 
Contoh - The Godfather (1972)
·        Documentary
Documentary adalah jenis film yang kejadiannya atau peristiwan nya di ambil secara nyata.
Contoh : - We Are Legion: The Story of the Hacktivists (2012)
·        Drama
Drama adalah Jenis film yang menghadirkan konflik tertentu, biasaanya bertemakan percintaan, kehidupan sosial, dll. 
Contoh : - Titanic (1997)
·        Family
Family adalah Jenis film yang sangat cocok di nonton bersama keluiarga dan mengandung pesan moral untuk keluarga.
Contoh : -Children of Heaven (1997)
·        Fantasy
Fantasy adalah jenis film yang karakter dan setting bersifat fantasy/khayalan. Intinya film jenis ini apa yang di tampilkan tidak ada di dunia nyata.
Contoh: -The Lord of the Rings
·        Film-Noir
Film-Noir adalah sebuah istilah sinematik yang digunakan untuk menggambarkan gaya film Hollywood yang menampilkan drama-drama kriminal, khususnya yang menekankan keambiguan moral dan motivasi seksual.
Contoh : -Sin City ( 2005)
·        History
History adalah film yang menceritakan kejadian/peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu.
Contoh: - Kingdom of Heaven (2005)
·        Musicals
Musicals adalah film yang bertemakan musik. Biasaanya genre ini gabung dengan genre lain seperti Drama, Documentary, Romance, dll.
Contoh: - Dreamgirls (2006)
·        Mystery
Mystery adalah film yang mengandung unsur teka-teki atau penyelidikan. Genre film ini membuat penonton berfikir/menebak-nebak.
Contoh: - Se7en (1995)
·        Romance
Romance adalah jenis film tentang kisah percintaan yang romantis.
Contoh : - La La Land (2016)
·        Sci-Fi
Sci-Fi atau Science Fiction adalah jenis film fantasi imajinasi pengetahuan khususnya yang menitikberatkan pada penelitian dan penemuan-penemuan teknoligi.
Contoh : - Interstellar (2014)
·        Sport
Sport adalah jenis film yang bertemakan Olahraga.
Contoh : - Dodgeball: A True Underdog Story (2004)
·        Thriller
Thriller adalah film yang penuh aksi menegangkan, dan mendebarkan.
Contoh : - Shutter Island (2010)
·        War
War adalah jenis film yang inti ceritanya tentang peperangan.
Contoh: - Saving Private Ryan (1998)
·        Western
Western adalah jenis film yang ala-ala koboy atau yang berkaitan dengan suku yang ada di Amerika.
Contoh : - Appaloosa (2008)

Sumber :
(1&2) Fourletterfilm.com. 14 Desember 2016. Sejarah Munculnya Film Pertama Di Dunia Dan Di Indonesia. Diakses pada 7 April 2018

(3) Bahasafilm.com. April 2017. Jenis-Jenis Genre Film. Diakses pada 7 April 2018

(1&2) Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill.

Jawaban Quiz pada Hal. 277 (Buku Dominick)



1. Jika Industri film tidak pernah pindah ke Hollywood, tetapi menetap di East Coast. Bagaimana film dapat berbeda?

Jika industri film tidak pindah ke Hollywood, mereka akan selalu dibawah tekanan MPPC dan mungkin perfilman di dunia tidak akan bisa sebesar sekarang. Selain itu kondisi cuaca di Hollywood juga lebih baik. Banyak tempat bervariasi seperti gunung, laut, gurun, hingga kota yang sangat baik untuk dijadikan lokasi syuting, sehingga dapat menghasilkan film yang lebih berkualitas.

2. Apa saja kemungkinan keuntungan dan kerugian jika perusahaan besar mengontrol Motion Picture Production?

Keuntungannya adalah industry film dapat dengan mudah memproduksi film karena sumber daya yang disediakan sangat cukup. Selain itu kualitas film juga lebih diperhatikan sehingga menghasilkan film yang berkualitas. Kerugiannya adalah industry film harus bekerja dibawah perusahaan yang otomatis industry film harus mengikuti kemauan perusahaan, sehingga industry film tidak bisa menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam membuat film.

3. Apakah para pembuat film memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab secara sosial atas apa yang mereka tampilkan di layar? Berikan alasan.

Ya. Para pembuat film memiliki tanggung jawab terhadap apa yang mereka tampilkan dan berikan kepada masyarakat melalui layar visual yang ada. Karena, apa yang diberikan dan ditampilkan pada layar tersebut merupakan suatu hal yang mampu mempengaruhi banyak orang dalam berpikir, bersikap maupun bertindak. Sehingga dalam membuat suatu film, maka para pembuat film harus mampu melihat peluang, konsekuensi, hingga efek yang ditimbulkan dari film tersebut. Karena sebagian dari masyarakt mungkin menelan secara mentah-mentah apa yang ditampilkan pada layar visual.

4. Apakah salah satu anti pembajakan yang diadopsi oleh industri film menjadi efektif dalam mencegah penyalinan dan distribusi film secara ilegal?

Menurut kelompok kami, dengan adanya beberapa aturan yang diberikan tersebut akan cukup efektif memberhentikan adanya pembajakan film. Karena beberapa kebijakan dan aturan yang diberikan sudah diberlakukan secara tegas walaupun masih ada saja oknum yang tetap melawan dan melanggar kebijakan tersebut. Dengan adanya beberapa opsi yang diberikan oleh industry film kepada penonton juga telah memberi kemudahan bagi mereka dalam menonton film-film tersebut, sehingga pembajakan dapat berkurang. Selain itu, para pengembang industri film harus mampu mempertegas aturan yang ada dan bekerjasama dengan pemerintah agar pembajakan ini tidak terus menerus terjadi.

5. Seseorang pernah berkata bahwa produsen hollywood tidak membuat film, tetapi mereka membuat kesepakatan. Berikan pendapat dan implikasinya!

Dari pernyataan yang dikemukankan pada pertanyaan tersebut, bermaksud untuk menjelaskan bahwa Hollywood tidak memproduksi film, dimana mereka tidak hanya membuat sebuah film lalu menanyangkannnya. Namun, mereka juga membuat beberapa kesepakatan agar film tersebut mampu berhasil dan memberikan keuntungan yang banyak. Dalam hal ini, pernyataan tersebut berusaha menjelaskan bahwa film bukan hanya sekadar film, namun juga ada perundingan dan perjanjian antara penulis skrip, ide sebuah film, aktor dan produser, ada kesepakatan dengan rumah produksi, bioskop dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut merupakan hal yang mendukung berhasilnya sebuah film. Sehingga film bukan hanya sekadar film, melainkan adanya banyak kesepakatan


Sumber
Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill..

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer