Koran? Kertas yang penuh Informasi!

Media Cetak adalah Salah Satu Bentuk Media Massa yang Sudah Ada Sejak Lama. 


Pada tahun 1690, Seorang tokoh bernama Benjamin Haris mengeluarkan surat kabar pertama di America. Salah satu isi dari surat kabar tersebut bercerita mengenai perselingkuhan raja dan istri anaknya. Dikarenakan berita tersebut surat kabar itu resmi ditutup. Semenjak saat itu, surat kabar terbit harus melalui izin kerjaan. 

suumber : 
http://www.tomrea.net/Something%20out%20of%20Nothing.html
Setelah 14 tahun kemudian John Campbell seorang yang biasa memberikan postingan di Boston News, membuat surat kabar dengan izin kerajaan. Surat kabar yang diterbitkan membuat masyarakat bosan dan tidak bersemangat karena isi surat kabar tersebut disalin dari surat kabar Eropa. Pengikut Koran tersebut hanya 300 orang dan tidak menguntungkan.


Setelah beberapa tahun kemudian surat kabar Boston lainnya seperti The New England Courant muncul. 



sumber : benjamin-franklin
Pembuatnya adalah James Franklin kakak dari Benjamin Haris, surat kabar tersebut terbit tanpa izin kerajaan. Akhirnya surat kabar tersebut bermasalah dan James Franklin di penjara, Ben mengambil alih dan Koran tersebut menjadi dibawah pimpinannya dan dipindahkan ke Filadelfia dimana dia memulai Pennsylvania Gazette yang menginovasi headline, layout rapi dan teksnya terbaca. 


sumber : http://www.benjamin-franklin-history.org/pennsylvania-gazette/

Surat kabar tersebut menjadi sangat sukses dan Franklin menjadi jurnalis dan penerbit colonial yang paling terkenal. Hingga pada usia 42 tahun Ben Franklin pensiun dan ia membuktikan jikalau jurnalis itu profesi terhormat (Dominick, 2005, p.88)   







Sumber:
  •         Wibowo, Wahyu (2006), Berani Menulis Artikel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  •          Biagi, Shirley (2010), Media/Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Komentar

Postingan Populer